Sabtu, 07 November 2015

PESAN NABI SAW UNTUK PENGANTIN BARU DAN LAMA (M.A.V~313)

Rasulullah SAW menyampaikan wasiat terkait wanita hingga berulang-ulang dan menganjurkan agar kekeliruan-kekeliruan wanita dimaafkan, karena kelemahan adalah hal yang fundamental pada dirinya. Siapa yang menghendaki kesempurnaan dari wanita, maka sesungguhnya dia menuntut hal yang mustahil, mengarungi alam khayalan, dan menyia-nyiakan tenaga dan pikirannya, dan mengarahkan kehidupannya dalam kesulitan. 

Hendaknya berlaku bijak, elegan, dan pengertian terhadap berbagai kekeliruan selama tidak melanggar ketentuannya. Hendaknya penyimpangannya diabaikan dan kekhilafannya ditolerir, lantas sikapilah dengan bijak serta nasihat yang baik. 

Hendaknya dia dibimbing sesuai dengan tuntutan keadilan dan kebajikan tanpa melanggar suatu ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah. Suami juga harus membentengi diri dalam menyertainya di setiap keadaan dengan benteng kesabaran dan kelapangan dada.

Rasulullah SAW bersabda, "Ketahuilah, tunaikan wasiat kebaikan kepada kaum wanita. Sesungguhnya mereka adalah tawanan pada kalian. Kalian tidak berwenang terhadap mereka sedikit pun selain itu kecuali bila mereka melakukan perbuatan yang keji dengan nyata. Jika mereka melakukan, maka lakukanlah pisah ranjang dengan mereka, dan pukullah mereka dengan pukulan yang tidak mencederai. 

Jika mereka patuh kepada kalian, maka janganlah kalian mencari-cari jalan untuk menyusahkan mereka. Ketahuilah, sesungguhnya kalian memiliki hak yang harus mereka tunaikan, dan istri-istri kalian pun memiliki hak yang harus kalian tunaikan. Adapun hak kalian yang harus ditunaikan oleh istri-istri kalian adalah; mereka tidak boleh memasukkan ke dalam ruang tidur kalian orang yang tidak kalian sukai, dan mereka tidak boleh mengizinkan orang yang tidak kalian sukai berada di dalam rumah kalian. 

Ketahuilah, hak mereka yang harus kalian tunaikan adalah kalian harus memperlakukan mereka dengan sebaik-baiknya terkait pakaian dan makanan mereka."
HR Tirmidzi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar