Rabu, 07 Oktober 2015

NABI MARAH PADA IMAM SHALAT TERLALU LAMA (M.A.V_313)



Shalat adalah ibadah paling afdhal, namun ketika shalat berjamaah maka tidak lah di anjurkan shalat terlalu lama, krn hal itu akan menjadikan org akan malas berjamaah.

Dari Abu Mas'ud RA bahwa ia mengatakan; seseorang datang kepada Nabi SAW lantas berkata; wahai Rasulullah, aku terlambat datang untuk salat subuh karena fulan, ia kelamaan saat menjadi imam kami – yakni memperlama salat dengan mereka – Abu Mas'ud mengatakan; aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah SAW sangat marah dalam menyampaikan nasihat yang melebihi pada hari itu.
H.R Bukhari, Muslim dll.

Beliau SAW bersabda:
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ مِنْكُمْ مُنَفِّرُوْنَ، فَأَيُّكُمْ مَا صَلَّى بِالنَّاسِ فَلْيَتَجَوَّزْ، فَإِنَّ فِيْهِمُ اْلمَرِيْضَ وَالْكَبِيْرَ وَذَا الْحَاجَةِ.

"Wahai umat manusia, sesungguhnya di antara kalian ada orang-orang yang membuat orang lain menjauh. Oleh karena itu siapa di antara kalian yang menjadi imam salat bagi mereka hendaknya ia memperingan. Karena di antara mereka ada orang sakit, orang lanjut usia, dan orang yang mempunyai keperluan."

Indah dan mudah ajaran Rasulullah, jika kita ingin berlama2 dlm shalat boleh jika kita shalat sendiri, namun jika berjamaah kita diperintahkan utk memperingan shalat kita namun tetap menjaga syarat dan rukun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar